Education_Sofware_I.T

Admin By : @alam_tanzillah

Populer

My Expression

Apa yang ada di belakang kita dan apa yang ada di depan kita adalah hal-hal yang sangat kecil, dibandingkan dengan apa yang ada di dalam diri kita... Kita menjalani kehidupan dengan apa yang kita peroleh. Kita membuat kehidupan dengan apa yang kita berikan... Sukses adalah sebuah perwujudan nyata sebuah cita-cita yang berharga...

Harapanku Untuk PLN







   

        "Harapanku untuk PLN"
 










Siapa sih yang tidak kenal PLN ? Berbicara tentang  Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini begitu dekat dengan kehidupan kita sehari– hari. Mulai dari terbukanya mata,  sampai terbenamnya mata lagi semua aktivitas yang dilakukan tidak jauh – jauh dari hubungannya dengan PLN ini. Misalnya dalam aktivitas sehari-hari kita, baru bangun tidur langsung nyalain lampu, PLN kan? Kita mau mandi, nyalain air, PLN lagi kan?  Menyalahkan TV, Komputer, Handphone, dan masih banyak lagi, semuanya memakai jasa PLN. Kita sadari setiap waktu kita, begitu bergantung sama yang namanya PLN.
































Seperti yang kita ketahui bahwa listrik merupakan kebutuhan utama bagi kita, tanpa adanya listrik rasanya kita akan sulit memenuhi kebutuhan apalagi perkembangan teknologi yang terus berkembang pesat. Hampir semua hal yang kita perlukan pasti berhubungan dengan listrik, meskipun masih ada beberapa peralatan yang kita gunakan tanpa listrik. Listrik tampaknya memang telah menyatu dengan diri kita, sama halnya dengan makan. Kebutuhan akan listrik sangat besar.




Sekarang yang menjadi pertanyaan, Apakah kinerjanya sudah cukup bagus? Sudah ter aliri listrik kah seluruh wilayah Indonesia? Sudah baguskah pelayanan yang dilakukan PLN bagi pelanggannya?







Dengan adanya permasalahan tersebut di atas, maka PLN perlu berbenah diri. Tak mudah memang bagi PLN untuk mewujudkan mimpi menerangi seluruh Indonesia di tahun 2015 bila tidak dimulai dari internal PLN sendiri. Maka dari itulah kami selaku konsumen listrik mempunyai harapan yang sangat besar bagi PLN yaitu :
 
  • PLN mencanangkan program PLN Bersih yaitu dengan menjalankan praktek penyelenggaraan korporasi yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.
  • Menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat.
  • PLN menurunkan tarif dasar listrik untuk pengguna ekonomi menengah ke bawah.
  • PLN mengadakan pemeliharaan secara berkala agar pemadaman listrik bergilir tidak ada lagi. Karena banyak sekali kerugian yang dialami oleh masyarakat dengan adanya pemadaman bergilir tersebut.
  •  PLN segera merealisasikan mimpinya agar Indonesia 100% terang di tahun 2015, terutama untuk daerah timur Indonesia dan khususnya daerah perbatasan Indonesia yang belum teraliri listrik dari negara sendiri.
       
Mengoptimalisasikan berbagai sumber daya listrik yang ada di Indonesia, terutama untuk pemanfaatan listrik tenaga air. Karena Indonesia memiliki potensi aliran sungai sebanyak 7.219 batang sungai dan baru sekitar 0.5% saja yang telah dimanfaatkan. Memaksimalkan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya), karena energi matahari kan melimpah ruah,, gratis lagi gak pake bayar,,,,(heheh ^_^). 


  
  
Atau bisa juga dengan mengembangkan energi solar sebagai sumber energi listrik. 
Dengan menggunakan model solar panel ini dapat menghasilkan sumber energi listrik yang ramah lingkungan dikarenakan tidak memproduksi gas karbondioksida.  Model solar panel ini memiliki usia penggunaan cukup lama yakni 25 sampai 30 tahun.     
  
  
Kapan tepatnya PLN mulai bisa kita rasakan keberadaannya?? Saya kasih tau nih... Sejak berdiri pada tahun 1945, PLN terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi Indonesia , menurut Wikipedia (sumber yang saya dapatkan) mengatakan bahwa listrik pertama kali ada di Indonesia adalah pada abad 19.   
Dan orang – orang Belanda lah yang saat itu mencetuskan atau memproklamirkan ide untuk mendirikan perusahaan ketenagalistrikan ini. Dan waktu itu kapasitas pembangkit yang dihasilkan hanya sebesar 157,5 MW. Jadi,sudah hampir 500 tahun loh PLN telah hadir dan menemani hari kita. 


Nah... Tentang bagaimana kisah perjalanan PLN silahkan teman – teman cari tau sendiri ya...PLN dengan Mottonya yang berbunyi “ Listrik Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik (Electricity For A Better Life) benar – benar kita rasakan manfaatnya. Setidaknya bagi kita yang berada di daerah yang masih terjangkau. Tapi apakah motto itu juga berlaku untuk saudara – saudara kita yang ada dipelosok sana??? 

EBTKE (Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi) menyatakan bahwa masih banyak daerah pedalaman yang ada di Indonesia belum terjangkau listrik, dengan alasan akses kepada jaringan PLN belum ada atau masih sangat terbatas. Hal ini sangat memprihatinkan, mengingat segala kemudahan yang bisa kita rasakan dengan adanya PLN (seperti yang saya sampaikan diatas) ternyata berbanding terbalik dengan kondisi saudara – saudara kita jauh dipelosok sana.

Nah itulah beberapa harapan kami untuk PLN kedepan, kita sebagai masyarakat yang hidup dizaman modern sekarang harus banyak – banyak bersyukur atas segala limpahan kenikmatan yang kita rasakan sekarang, banyak berterima kasih juga sama PLN yang sudah memberikan kita begitu banyak fasilitas teknologinya dan kemudahan, tanpa peran PLN kita tidak akan berarti apa – apa... 


Untuk itu besar harapan saya kepada PLN untuk semakin meningkatkan kinerjanya yang semula sudah “baik” menjadi “lebih baik” lagi, agar supaya saudara – saudara kita yang berada jauh disana juga merasakan manfaat keberadaannya. Tentu saja hal itu bukan hanya menjadi perhatian bagi PLN saja, namun juga kita sebagai masyarakat pengguna. 

Kita yang sudah merasakan manfaat keberadaan PLN sudah seharusnya lebih bijaksana dalam memanfaatkannya, gunakan lsitrik seperlunya agar saudara – saudara kita juga bisa merasakannya. Dan segeralah mewujudkan mimpi Indonesia 100% terang di tahun 2015 nanti .

Selamat menyambut Hari Listrik Nasional 27 Oktober 2012.







Sumber penunjang data dan gambar : pln.co.id , blogdetik.com

Salam,
Alam Tanzillah

0 komentar:

Posting Komentar